10 Strategi Sukses Buka Usaha Makanan – Apa anda seringkali dengar perkataan, “Yang namanya kepentingan makanan itu lain lagi urusannya, tidak dapat di ganggu gugat “, maling atau pencuri sekalinya mereka melakukan perbuatan itu untuk apa?.. Ya, anggapan itu memang benar ada betulnya, sebab keperluan manusia akan minum dan makan telah menjadi keperluan primer yang benar-benar tidak dapat ditunda-tunda.

10 Strategi Sukses Buka Usaha Makanan

Pada keadaan mengirit juga kemungkinan Anda dapat menyengaja mengerem beli kepentingan sekunder, seperti baju dan aksesorisnya. Tetapi coba pada keadaan lapar, Anda tentu tidak sungkan-sungkan untuk keluarkan kantong berapa saja untuk beli makanan.

Dengan begitu, tidak bingung jika sekian tahun belakang ini banyak pelaku bisnis makanan betebaran dimana saja, dari mulai pedagang makanan tradisionil dengan arti pedagang kaki lima, sampai pedagang makanan kekinian yang diklaim untuk pebisnis cafe serta restoran. Kemungkinan Anda juga sekarang mulai bisa coba hal sama.

Walau begitu, bukan bermakna untuk memperoleh keuntungan yang besar, Anda condong pilih buka cafe serta resto untuk permulaan usaha makanan Anda.

Berdasar hasil riset serta peningkatan usaha kecil menengah (UKM) di sejumlah wilayah di Indonesia, rerata penghasilan beberapa pebisnis minuman dan makanan kaki lima serta rumahan ada di atas rerata gaji minimal regional (UMR), menarik kan? Anda seorang pengangguran, pelajar, ibu rumah-tangga atau pegawai sekalinya bisa melakukan, sebab usaha makanan bisa di kerjakan bermodalkan sekecil apa saja serta tanpa ada banyak mengambil alih waktu.

Untuk mempermudahnya saya akan coba membaginya dalam kelompok-kelompok :

1. kelompok usaha yang jual makanan inti setiap hari seperti Rumah Makan Padang, Warung Tegal, warung nasi simpel, nasi goreng atau nasi pecel lele.

2. Kelompok usaha makanan alternatif makanan inti, seperti bubur, mie ayam, bakso, soto, sate, atau batagor.

3. barisan usaha jajanan, seperti roti bakar, bermacam kue, martabak, pisang bakar, gorengan, cireng, cilok atau somay.

4. kelompok usaha beberapa jenis minuman, seperti es buah, es campur, juice, es kelapa muda, es cendok, es dawet sampai es teh sisri.

“Seharusnya Anda pilih yang sesuai ketrampilan serta ketertarikan Anda, hingga bisa jalankan usaha dengan nyaman serta tanpa ada beban. Satu hal yang perlu Anda jauhi ialah buka usaha karena hanya ikuti trend, tanpa ada tahu langkah menjalankannya, “.

Mengenai beberapa hal yang penting diperhatikan dalam mengawali usaha makanan ialah :

1. Modal awal usaha

Banyak langkah untuk tutupi kekurangan modal, contohnya lewat cari relasi yang dapat dibawa kerja sama, pinjam ke koperasi atau bank lewat pendistribusian credit usaha rakyat (KUR) untuk aktor UKM.

Jika modal anda benar-benar tipis serta ingin melakukan sendiri itu lebih bagus, sebab anda tidak akan pusing dalam soal lain anda bisa konsentrasi dalam soal penjualan, tetapi berhematlah untuk penambahan modal nantinya, misakan anda ingin jadi pebisnis keripik, anda membuat keripik singkong bermodalkan cuma 10 ribu, anda goreng serta bungkus jadi 40 bungkus pada harga unit Rp.500, sisihkan setengah keuntungan untuk penambahan modal, jadi 50, 60, 100, 500 serta bukan hal tidak mungkin sampai beberapa ribu bungkus atau pabrikan.
Jika pilih usaha patungan, seharusnya Anda membuat surat kesepakatan yang mengendalikan pembagian kuasa serta hasil usaha buat hindari permasalahan di masa datang.

Jika pinjam dari instansi keuangan, karena itu lakukan untuk bikin neraca keuangan sesudah usaha berjalan. Neraca keuangan itu memberikan penghasilan, pengeluaran, serta asset usaha yang dipunyai. Ini dilaksanakan supaya instansi keuangan itu tahu dengan cara tepat perubahan usaha Anda.

2. Tempat usaha

Pilih tempat usaha yang banyak didatangi atau dilewati beberapa orang. Waktu tentukan tempat usaha harus juga mempertimbangkan modal yang akan dikeluarkan. Janganlah sampai modal Anda terkuras cuma untuk sewa atau beli tempat usaha, anda juga bisa melakukan tanpa ada memiliki tempat usaha tetapi dengan menitip produk usaha anda dengan pilih ke taktiksan tempat atau tempat usaha partner anda.

Beberapa tempat usaha makanan yang taktiks diantaranya di seputar sekolah atau universitas, teritori perkantoran, lingkungan pasar serta mal, perumahan, serta obyek wisata.

3. Menu andalan

Sebelum mengawali usaha, seharusnya Anda lakukan survey terlebih dulu mengenai menu yang tersebar di pasar. Lalu, pilih menu yang sedikit dipasarkan disana buat kurangi tingkat kompetisi. Tetapi pilihan menu itu harus sesuai dengan sasaran pasar atau customer.

4. Penyuplai bahan baku

Mempunyai penyuplai masih yang bisa menyuplai semua bahan baku produksi sehari-harinya benar-benar disarankan buat kelancaran proses produksi.

Kecuali dapat memperoleh harga relatif murah, anda juga bisa jadi orang keyakinan bila anda pada kondisi susah atau terjepit modal, disamping itu anda dapat juga diutamakan jika satu waktu bahan baku yang Anda perlukan langka di pasar. Upayakan mempunyai lebih satu penyuplai untuk pilihan jika penyuplai yang satu tidak dapat sediakan keinginan.

Pembelian bahan baku dari penyuplai ini umumnya memakai skema pembayaran credit atau tunai dengan diskon. Besarnya diskon relatif, bergantung persetujuan kedua pihak, tetapi biasanya ada pada rata-rata 15-20 %.

5. Sumber daya manusia (SDM)

Baiknya, karyawan terdiri ke barisan tukang masak, pelayan, serta kasir. Tetapi, jika usaha termasuk kecil, seorang asisten yang bisa memudahkan pekerjaan Anda hanya itu telah semakin dari cukup.

Janganlah lupa untuk memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberikan upah sebanding serta pas waktu. Ini untuk jaga konsistensi ketrampilan serta persiapan karyawan.

6. Target penjualan

Sesuaikan tipe usaha dengan sasaran pasar adalah salah satunya kunci keberhasilan jalankan usaha minuman dan makanan. Meskipun Anda tawarkan harga murah dan meriah, tetapi tidak sesuai hasrat customer ini dapat jadi masalah.

7. Promo yang tepat

Promo dari mulut ke mulut sampai sekarang masih jadi jagoan promo usaha Anda ke beberapa orang. Ini sukses bila Anda dapat memberi kepuasan customer serta nanti mereka juga dapat jadi konsumen setia.

Dari konsumen setia ini lah narasi mengenai keunggulan usaha Anda akan menebar ke publik. Jika ada dana semakin, tidak ada kelirunya mempromokan usaha melalui media, seperti banner, papan nama, pamflet, leaflet, atau lewat media sosial seperti Facebook atau twitter.

8. Perizinan usaha

Untuk keamanan serta kenyamanan usaha, tekankan Anda mengatur surat izin usaha dari lembaga pemerintahan atau faksi berkuasa ditempat.

Bila usaha makin bertumbuh serta besar, sebaiknya selekasnya mengatur Nomor Inti Harus pajak (NPWP) buat usaha Anda, mengatur perizinan ke Kementerian Kesehatan, serta jika dapat mengatur sertifikasi halal untuk semua produk usaha Anda ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

9. Sikap serta perilaku

Penting untuk jaga sikap atau sikap anda waktu bertemu customer, makin anda ramah serta sopan maka semakin banyak customer yang punya niat jadi konsumen setia anda, coba anda pikirkan apa anda ingin belanja pada pedagang yang sombong, kikir atau jutek? Ditambah lagi jika kucel serta dekil.

10. Ora et labora

Ora et labora atau kerja sekalian berdoa ialah kunci sukses anda, berjuanglah serta terus berdoa pada yang maha pemberi serta pengontrol rejeki, sebab dialah yang memandang kerja hasil keras anda, jangan kadang-kadang menggunakan magis dalam usaha sebab telah pasti hancur walaupun cepat bertumbuh, usahakanlah bersih.

Nah, beberapa tips yang saya mengambil pengalaman dari tertera di atas kemungkinan dapat jadi input buat Anda yang tertarik untuk buka usaha minuman dan makanan.

Saat ini, waktunya Anda tetapkan menu makanan atau minuman apa yang akan Anda pilih. Anda tidak pernah tahu jika Anda tidak cobanya, inspirasi bisa dibuat dari hal sekecil kemungkinan sesuai dengan potensi anda, jangan sia-siakan tiap kesempatan yang terbuka di muka anda.

Baca Juga:

10 Strategi Sukses Buka Usaha Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimized with PageSpeed Ninja