5 Tips dan Cara Unik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Kafe. Hampir selalu ada kesempatan dan ruang untuk meningkatkan penjualan di sebuah Coffee Shop atau cafe. Sehingga ada banyak cara untuk mendorong konsumen reguler biar mereka tetap betah dan berkunjung ke kafe Anda. Dan ada cara untuk menarik konsumen biar membeli lebih banyak produk kopi saat mereka berkunjung ke kafe Anda. Tentunya, Anda bisa meningkatkan penjualan kafe dengan beberapa cara tertentu untuk menarik konsumen yang seutuhnya baru. Diantaranya yaitu menemukan cara untuk memperkuat ikatan dengan komunitas. Maka hal ini ialah strategi yang telah terbukti ampuh untuk mempertahankan kafe dan menarik konsumen Anda.

Saat ini, banyak orang punya ilmu lebih berkaitan kopi yang mereka minum. Maka dengan begitu, mereka mulai suka pada toko kopi independen yang lebih unik, kecil, dan spesialis dibanding dengan Coffee Shop yang punya rantai bisnis yang lebih besar. Apabila Anda adalah satu diantara dari praktisi dan pelaku bisnis kafe, Anda masih punya potensi untuk memperoleh keuntungan yang banyak. Ini ada sebagian ide dari yang unik hingga yang umum untuk membantu usaha kafe Anda berkembang yaitu sebagai berikut :

1. Manfaatkan “In-Store Displays”

Apabila Anda sering berkunjung ke Starbucks, Anda mungkin memperhatikan property berupa gelas minum, mug dan kopi gourmet di samping meja kasir yang terlihat artistik. Tapi, nyatanya property/display itu tidak ditampilkan cuma untuk tujuan dekoratif.

Ada studi yang mengutarakan jika 16% pembelian yang tidak di rencanakan di dorong oleh property yang dilihat oleh pengunjung ketika belanja di sebuah Coffee Shop/cafe.

Jadi sebutlah, untuk setiap 100 orang yang lihat property Starbucks itu, 16 orang akan beli sesuatu. Tidaklah terlalu baik untuk di coba mengingat mendesain property tidak memerlukan usaha yang berkelanjutan dan aktif. Cukup hanya selera artistik yang kuat dan referensi yang luas, Maka Anda dapat memulainya.

Banyak bentuk property dan tampilan yang bisa Anda pakai. Satu diantara yang sederhana yaitu papan penanda (SignBoard). Coba pikirkan apabila Anda belanja secara pribadi ketika berada di department store. Sehingga Anda lebih condong melirik barang-barang yang mempunyai papan penanda yang menarik. Penjual retail tahu hal ini, namun umumnya cenderung memakai strategi ini untuk mendongkrak promosi penjualan. Akan tetapi, promosi penjualan bukan jadi satu-satunya fakta untuk membuat papan penanda.

Jadi, lain kali Anda mencari untuk memasarkan lebih banyak menu kafe atau produk Anda, coba pertimbangkan untuk tampilan property atau menampilkan papan penanda yang akan untuk mendapat perhatian konsumen.

2. Batasi Konsumen dari “Laptop Hobo”

Istilah “laptop hobo” dipakai untuk merujuk kepada pengunjung kafe yang sering memakai outlet listrik atau WIFI yang tersedia secara bebas.

Asumsinya, makin banyak yang datang bergantian, maka akan makin besar penghasilan Anda. Maka dengan begitu masuk akal bahwa apabila Anda–secara tidak sadar–membiarkan pengunjung untuk tinggal terlalu lama dan tidak bisa memberi meja kepada pengunjung lain, sehingga Anda akan kehilangan penghasilan.

Memberi kenyamanan yaitu seperti tempat duduk yang nyaman WiFi gratis dan banyak outlet listrik maka itu tidak menjamin akan bisa membayar tagihan-tagihan Anda. Sebagian tempat Starbucks di New York bahkan juga telah mulai membatasi outlet listrik, sementara kedai kopi yang lain telah mulai membatasi jumlah waktu pelanggannya untuk bisa memakai WiFi gratis sebelum Anda membayar penggunaan internet secara khusus melalui voucher atau mesti beli menu lain.

Bahkan juga ada sebagian Coffee Shop yang menentukan untuk merubah kata sandi WiFi setiap dua jam. Maka dengan cara ini, seseorang mesti beli produk mereka apabila mereka menginginkan kata sandi baru. Tentunya tips ini menuai pro-kontra. Tidak semua orang mungkin nyaman dengan ketentuan seperti itu. Sebab ada sebagian orang yang memilih untuk pergi ke kafe lain apabila itu mereka tidak mendapatkan fasilitas WiFi gratis.

Apabila Anda tidak meyakini untuk mengambil tindakan untuk membatasi/melarang pengadaan outlet listrik dan penggunaan WiFi sepenuhnya, sehingga pertimbangkan pendekatan yang berbeda. Mungkin Anda bisa memberi tanda “Gratis akses WiFi” di meja atau di sudut ruang tertentu.

3. Tawarkan Komunikasi yang Baik dan Diskon kepada Konsumen

Dalam hubungannya untuk mencoba mendapat konsumen baru, janganlah meremehkan beberapa cara untuk menarik perhatian konsumen lebih banyak. Satu diantara triknya, tawarkan mereka discount saat mereka menambahkan item makanan ke pesanan minuman mereka. Gunakan gaya komunikasi yang dapat mengarahkan konsumen untuk memesan minuman dengan ukuran paling besar. Pasti mempunyai server dan barista yang bisa mengerjakan hal itu bisa meningkatkan penjualan. Cuma saja, janganlah terbawa situasi dengan memaksa staf Anda untuk memasarkan secara agresif. Sebab Itu akan membuat konsumen tidak nyaman dan akan berujung penurunan penjualan kafe Anda.

4. Kembangkan Menu Kafe

Menu yang lebih variasi dengan lebih banyak pilihan yang berorientasi pada jenis makanan spesifik itu bisa jadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dalam sebuah kafe dengan menu hanya terbatas. Menambahkan menu salad, sup, sandwich, atau sajian yang lain itu akan membuat kafe Anda tempat tujuan yang menarik untuk banyak jenis konsumen. Banyak kafe yang bahkan juga mulai menawarkan menu khusus, yaitu seperti produk vegan dan organik. Sertakan menu/sebagian produk baru seperti itu di menu kafe Anda, Dan secara tidak langsung Anda dapat menarik jenis konsumen yang baru.

5. Buat Acara di Kafe Anda

Apabila ada ruangan di kafe Anda untuk pembacaan puisi, pertunjukan musik, games atau acara lainnya, gunakan hal itu ! Sebarkan di komunitas-komunitas yang punya hubungan baik dengan kafe Anda dan publikasikan kalender acara Anda secara online lewat sosial media. Maka hubungi penulis, musisi, pembicara publik, dan narasumber lain untuk lihat apa mereka berkeinginan untuk memakai kafe Anda sebagai venue sebuah acara. Sehingga tawarkan dinding kafe Anda kepada photografer/seniman lokal untuk sebuah acara pameran seni. Bahkan juga Anda dapat mengijinkan mereka untuk memasarkan karya mereka (Anda bisa mengambil komisi kecil dari penjualan itu, apabila Anda mau). Dan mereka akan mengirim orang ke kafe anda untuk lihat karya mereka. Secara tidak langsung, ini akan menarik potensi konsumen baru ke kafe Anda.

Maka dengan mengikuti 5 cara atau tips untuk meningkatkan penjualan Coffee Shop/cafe, Anda tak perlu kuatir atau ragu lagi untuk membuka usaha kafe. Sehingga perbanyaklah jaringan dan referensi Anda untuk bisa mengenalkan kafe Anda ke tingkat selanjutnya. Dan sebagai satu diantara jenis bisnis, pasti Anda tidak bisa meremehkan bagaimana Anda mesti mengatasi masalah keuangan usaha Anda.

Tapi tak perlu cemas, saat ini telah banyak bisnis yang mulai memakai Software Akuntansi untuk mengatasi masalah keuangan bisnis mereka. Diantaranya yaitu Jurnal, Software Akuntansi yang mempunyai segudang feature akuntansi yang cocok untuk semua jenis bisnis. Apabila kafe Anda memasarkan banyak jenis produk/menu, tak perlu cemas untuk menghitung Harga Pokok Penjualannya. Sebab dengan Jurnal, semua harga beli bisa di hitung sesuai dengan metode persediaan akuntansi dan jenis persediaan yang akan di jual bisa di catat.

Maka Anda juga bisa membuat konversi atau bundle produk dengan jurnal dengan lihat Guidebook ini. Sehingga menu minuman/makanan yang terdiri dari sebagian persediaan yang Anda beli dapat di nilai dengan cepat dan instant.

Jurnal sebagai software akuntansi juga sudah terintegrasi dengan aplikasi POS yang memudahkan Anda untuk mengelola penjualan di kafe Anda dan automatis akan tercatat pada pembukuan bisnis. Maka tunggu apalagi ? Segera daftarkan perusahaan Anda di Jurnal dan dapat kemudahan dalam mengelola bisnis lebih efisien dan efektif.

Demikian artikel dari 5 Tips dan Cara Unik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Kafe.

5 Tips dan Cara Unik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Kafe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimized with PageSpeed Ninja